Rabu, 02 Januari 2013

Perubahan dan perkembangan organisasi



1.     Faktor-faktor perubahan organisasi.
a. Faktor Internal.
Dalam hal ini faktor internal adalah suatu faktor yang dimana keseluruhan faktor yang ada di dalam organisasi organisasi tersebut dapat berpengaruh pada organisasi serta kegiatan organisasi tersebut.
b. Faktor Eksternal.
Dalam hal ini faktor eksternal adalah segala faktor yang ada di luar organisasi yang dapat berpengaruh pada organisasi serta kegiatan organisasi. 

2. Proses perubahan organisasi.
Suatu organisasi dapat mengalami perubahan karena organisasi akan selalu menghadapi berbagai kebutuhan. Tujuan perubahan organisasi yaitu, untuk meningkatkan kinerja efisiensi dan produktivitas, kemampuan organisasi dalam menghadapi berbagai faktor yang dapat menyebabkan suatu perubahan organisasi sehingga organisasi tersebut dapat bertahan dan berkembang, kemudian mengadakan penyesuaian-penyesuaian seperlunya sehubungan dengan perubahan-perubahan tersebut, untuk mengendalikan, khususnya dalam mengendalikan situasi kerja, sehingga anggota organisasi tidak akan di pengaruhi oleh perubahan-perubahan yang sedang terjadi dan meningkatkan peran organisasi dalam menghadapi berbagai perubahan yang sedang tejadi.

3. Ciri-ciri pengembangan organisasi.
Ada beberapa ciri-ciri dalam pengembangan suatu organisasi:
a. Strategi terencana dalam mewujudkan suatu perubahan organisasional, yang mempunyai tujuan yang jelas berdasarkan diagnosa yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi oleh organisasi..
b. Kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak dari perubahan yang akan terjadi.
c. Menerapkan berbagai cara yang baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan seluruh satuan kerja dalam organisasi..
d. Adanya nilai humanistic. Dalam hal ini dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian yang terpenting..
e. Adanya pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh..
f. Adanya pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi..

4. Metode pengembangan organisasi.
Ada 2 metode dalam pengembangan suatu organisasi :
a.       Metode pengembangan perilaku.
b.      Metode pengembangan keterampilan dan sikap.

Pengembangan organisasi adalah suatu pendekatan yang secara sistematis yang di rencanakan untuk meningkatkan efektivitas organisasi termasuk untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam suatu organisasi.
Ada 6 tahap yang harus diperhatikan dari program Grid OD :
a.       Latihan.
b.      Pengembangan tim.
c.       Pengembangan antar kelompok.
d.      Penetapan tujuan organisasi.
e.       Pencapaian.
f.       Stabilitas.

French dan Bell mengemukakan bahwa,  ”Pengembangan organisasi telah muncul dari ilmu pengetahuan keperilakuan terapan dan psikologi sosial dan dari usaha-usaha yang berurutan untuk menerapkan latihan laboratorium dan survei umpan balik ke dalam berbagai sistem total”.


Sumber:
http://widiahlan.blogspot.com/2012/11/perubahan-organisasi.html
http://elqorni.wordpress.com/2012/04/07/modul-14-proses-perubahan-organisasi/
http://rosdianya.wordpress.com/2011/12/20/faktor-faktor-perubahan-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar