1. Faktor-faktor perubahan organisasi.
a. Faktor Internal.
Dalam hal ini faktor internal adalah suatu faktor yang dimana keseluruhan faktor yang ada di
dalam organisasi organisasi tersebut dapat berpengaruh pada organisasi serta kegiatan
organisasi tersebut.
b. Faktor Eksternal.
Dalam hal ini faktor eksternal adalah segala
faktor yang ada di luar organisasi yang dapat berpengaruh pada organisasi serta
kegiatan organisasi.
2. Proses perubahan organisasi.
Suatu organisasi dapat mengalami perubahan karena organisasi
akan selalu menghadapi berbagai kebutuhan. Tujuan perubahan organisasi yaitu, untuk
meningkatkan kinerja efisiensi
dan produktivitas, kemampuan organisasi dalam
menghadapi berbagai faktor yang dapat menyebabkan suatu perubahan organisasi
sehingga organisasi tersebut dapat bertahan dan berkembang, kemudian mengadakan
penyesuaian-penyesuaian seperlunya sehubungan dengan perubahan-perubahan
tersebut, untuk mengendalikan, khususnya dalam mengendalikan situasi kerja,
sehingga anggota organisasi tidak akan di pengaruhi oleh perubahan-perubahan
yang sedang terjadi dan meningkatkan peran organisasi dalam menghadapi berbagai
perubahan yang sedang tejadi.
3. Ciri-ciri pengembangan
organisasi.
Ada beberapa ciri-ciri dalam pengembangan suatu organisasi:
a. Strategi
terencana dalam mewujudkan suatu perubahan organisasional, yang mempunyai
tujuan yang jelas berdasarkan diagnosa yang tepat mengenai permasalahan yang
dihadapi oleh organisasi..
b. Kolaborasi
antara berbagai pihak yang akan terkena dampak dari perubahan yang akan terjadi.
c. Menerapkan
berbagai cara yang baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi
dan seluruh satuan kerja dalam organisasi..
d. Adanya
nilai humanistic. Dalam hal ini dimana pengembangan potensi manusia menjadi
bagian yang terpenting..
e. Adanya
pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi,
interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian
integral di suasana yang utuh..
f. Adanya
pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi..
4. Metode pengembangan
organisasi.
Ada 2 metode dalam pengembangan suatu
organisasi :
a.
Metode pengembangan
perilaku.
b.
Metode pengembangan
keterampilan dan sikap.
Pengembangan organisasi adalah suatu
pendekatan yang secara sistematis yang di rencanakan untuk meningkatkan
efektivitas organisasi termasuk untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam suatu
organisasi.
Ada 6
tahap yang harus diperhatikan
dari program Grid OD :
a. Latihan.
b. Pengembangan tim.
c. Pengembangan antar kelompok.
d. Penetapan tujuan organisasi.
e. Pencapaian.
f. Stabilitas.
French dan Bell mengemukakan bahwa, ”Pengembangan organisasi telah muncul dari
ilmu pengetahuan keperilakuan terapan dan psikologi sosial dan dari usaha-usaha
yang berurutan untuk menerapkan latihan laboratorium dan survei umpan balik ke
dalam berbagai sistem total”.
Sumber:
http://widiahlan.blogspot.com/2012/11/perubahan-organisasi.html
http://elqorni.wordpress.com/2012/04/07/modul-14-proses-perubahan-organisasi/
http://rosdianya.wordpress.com/2011/12/20/faktor-faktor-perubahan-organisasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar