Selasa, 01 Januari 2013

Konflik Organisasi



1. Pengertian Konflik.
Pengertian konflik secara umum adalah  berasal dari kata kerja. Latin configire yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih, dimana salah satu pihak berusaha  untuk menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya jadi tidak berdaya.

Pengertian konflik menurut para ahli :


  1. Menurut Taquiri dalam Newstorm dan Davis (1977), konflik adalah warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku dalam berbagai keadaan akibat dari keadaan ketidaksetujuan, kontroversi dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih secara terus-menerus.
  2. Menurut Gibson, et al (1997: 437), suatu hubungan selain  dapat menciptakan kerjasama, hubungan saling tergantung dapat melahirkan suatu konflik. Hal ini dapat terjadi jika masing – masing bagian dari organisasi memiliki kepentingan atau tujuan sendiri – sendiri dan tidak bekerja sama satu dengan yang lain.
  3. Menurut Robbin (1996), konflik dalam suatu organisasi ditentukan oleh pendapat dari tiap individu atau kelompok. Jika mereka tidak menyadari adanya konflik di dalam organisasi maka, konflik tersebut dianggap tidak ada. Sebaliknya, jika mereka memiliki pendapat bahwa di dalam organisasi telah ada konflik maka, konflik tersebut telah menjadi kenyataan.
  4. Dari segi perilaku, konflik adalah bentuk minteraktif yang terjadi pada tingkatan individual, interpersonal, kelompok atau pada tingkatan organisasi (Muchlas, 1999). Konflik ini terutama pada tingkatan individual yang sangat dekat hubungannya dengan stres.
  5. Menurut Minnery (1985), Konflik adalah interaksi antara dua atau lebih pihak yang satu sama lain saling berhubungan dan saling tergantung, namun dipisahkan oleh suatu perbedaan tujuan.
  6. 6. Konflik dalam organisasi sering kali tidak simetris. Dalam hal ini terjadi hanya satu pihak yang sadar dan memberikan respon terhadap konflik tersebut. Atau, satu pihak berpendapat adanya pihak lain yang telah atau akan menyerang secara negatif (Robbins, 1993).
  7. Konflik adalah suatu ekspresi pertikaian antara individu dengan individu lain, kelompok dengan kelompok lain karena suatu alasan. Dalam hal ini, pertikaian menunjukkan adanya perbedaan antara dua atau lebih individu yang diekspresikan, diingat, dan dialami (Pace & Faules, 1994:249).
  8. Konflik dapat dirasakan, diketahui, diekspresikan melalui perilaku-perilaku dalam berkomunikasi (Folger & Poole: 1984).
  9. Konflik selalu berpusat pada beberapa penyebab utama, yaitu tujuan yang ingin dicapai, alokasi sumber – sumber yang dibagikan, keputusan yang diambil, maupun perilaku setiap pihak yang terlibat (Myers,1982:234-237; Kreps, 1986:185; Stewart, 1993:341).
  10. Interaksi yang komunikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya, tak dapat diduga akan menimbulkan suatu konflik dalam tingkat yang berbeda – beda (Devito, 1995:381).

2. Jenis dan sumber konflik.
Jenis-jenis konflik antara lain:
a. Konflik Intrapersonal (Konflik dalam individu).
Konflik ini merupakan konflik internal yang terjadi pada diri seseorang (intrapersonal conflict). Konflik ini terjadi ketika individu harus memilih dua atau lebih tujuan yang saling bertentangan, dan bimbang, mana yang harus dipilih untuk dilakukan.
b. Konflik Interpersonal.
Konflik ini adalah pertentangan antara sesorang dengan orang lain karena perbedaan kepentingan atau keinginan.
c. Konflik antarkelompok dalam organisasi yang sama.
Konflik ini adalah tipe konflik yang sering terjadi di dalam organisasi-organisasi. Konflik antarlini dan staf, pekerja dan manajemen merupakan dua macam bidang konflik antarkelompok.
d. Konflik antarperorangan.
Konflik ini terjadi antara satu individu dengan individu lain atau lebih. Konflik ini disebabkan oleh adanya perbedaan sifat dan perilaku setiap orang dalam organisasi. Hal ini biasanya pernah dialami oleh setiap anggota organisasi, baik hanya dirasakan sendiri maupun ditunjukkan dengan sikap.
e. Konflik antarkelompok.
Konflik ini terjadi pada 2 kelompok atau lebih yang terjadi dalam sebuah organisasi.
f.  Konflik antarorganisasi.
Konflik ini terjadi antara organisasi yang satu dengan yang lain. Hal ini tidak selalu disebabkan oleh persaingan dari perusahaan-perusahaan di pasar yang sama. Konflik ini bisa terjadi karena adanya ketidakcocokan suatu badan terhadap kinerja suatu organisasi.

Sumber konflik:
-   Faktor komunikasi (communication factors).
-  Faktor struktur tugas maupun struktur organisasi (job    structure or organization structure).
-   Faktor yang bersifat personal. (personal factors).
-   Faktor lingkungan (environment factors).

3.  Strategi penyelesaian konflik.
Ada beberapa cara untuk menyelesaikan suatu konflik:
1. Kompetisi
Penyelesaian konflik yang menggambarkan satu pihak mengalahkan atau mengorbankan yang lain. Penyelesaian bentuk kompetisi dikenal dengan istilah win-lose orientation.
2. Akomodasi
Penyelesaian konflik yang menggambarkan kompetisi bayangan cermin yang memberikan keseluruhannya penyelesaian pada pihak lain tanpa ada usaha memperjuangkan tujuannya sendiri. Proses tersebut adalah taktik dalam mewujudkan perdamaian.
3. Sharing
Suatu pendekatan penyelesaian kompromistis antara dominasi kelompok dan kelompok damai. Satu pihak memberi dan yang lain menerima sesuatu. Kedua kelompok berpikiran moderat, tidak lengkap, tetapi memuaskan.
4. Kolaborasi
Bentuk usaha penyelesaian konflik yang memuaskan kedua belah pihak. Usaha ini adalah suatu pendekatan pemecahan masalah (problem-solving approach) yang memerlukan integrasi dari kedua pihak.
5. Penghindaran
Menyangkut ketidakpedulian dari kedua kelompok. Keadaaan ini menggambarkan penarikan kepentingan atau mengacuhkan kepentingan kelompok lain.

4.  Motivasi.
Motif ini sering kali diartikan dengan istilah dorongan. Dorongan adalah gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Jadi motif tersebut adalah suatu driving force yang menggerakan manusia untuk bertingkah laku, dan dalam perbuatannya tersebut mempunyai suatu tujuan. Pada dasarnya setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia didasari oleh motivasi (niat).

5. Teori Motivasi.
Dalam organisasi ada beberapa teori motivasi antara lain:
a.  Teori motivasi Abraham Maslow (1943-1970).
Abraham Maslow (1943;1970) berpendapat bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. Ia menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk suatu piramid, orang memulai dorongan dari tingkatan terbawah. 

b. Teori motivasi Herzberg (1966).
Menurut Herzberg (1966), ada dua jenis faktor yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor tersebut disebutnya faktorhigiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). 

c.  Teori motivasi Vroom (1964).
Teori dari Vroom (1964) tentang cognitive theory of motivation menjelaskan bahwa mengapa seseorang tidak akan melakukan sesuatu yang ia yakini, ia tidak dapat melakukannya, sekalipun hasil dari pekerjaan tersebut sangat dapat ia inginkan.

d. Achievement TheoryTeori achievement Mc Clelland (1961).
Ada tiga hal penting yang menjadi kebutuhan manusia, antara lain:
-   Need for achievement (kebutuhan akan prestasi).
Need for afiliation (kebutuhan akan hubungan  sosial/hampir sama dengan soscialneed-nya Maslow).
Need for Power (dorongan untuk mengatur).

e.  Teori Clayton Alderfer ERG.
     Clayton Alderfer mengetengahkan teori motivasi ERG yang didasarkan pada kebutuhan manusia akan keberadaan (exsistence), hubungan (relatedness), dan pertumbuhan (growth).

             Sumber:
             http://ndutagen.blogspot.com/2012/05/motivasi-dalam-organisasi.html
http://st33wiyas.blogspot.com/2011/05/teori-motivasi-organisasi.html
http://padshaa.blogspot.com/2012/10/pengertian-konflik-termasuk-konflik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar